Cerita tentang SEO

Dari beberapa waktu mengikuti kontes SEO ini ada cerita yang dapat dipetik setelah mengamati perkembangan trik-trik SEO yang ada. Sebuah cerita lama yang tidak atau belum tergantikan dimana ada sisi baik dan sisi buruk dari adanya kontes SEO ini seperti yang terdapat dalam artikel "Pros and cons of SEO contest".
Sisi baik tentunya akan ada peningkatan trafik yang signifikan terhadap website dari pihak penyelenggara kontes. Namun sisi buruknyalah yang patut diperhatikan karena dengan adanya kontes seperti ini akan berakibat selain trafik yang meningkat dapat dipastikan peningkatan spam dengan menggunakan kata kunci yang dilombakan akan terjadi.
Spam ini merupakan suatu bentuk usaha dari para peserta kontes untuk mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya dengan tanpa menggunakan etika menghujani guestbook, comment, pada blog, reply pada forum dengan link-link kontes tersebut. Dampak dari perilaku spam itu beragam. Adanya blokir menggunakan filter kata dari beberapa kata kunci yang digunakan termasuk nama negara bahkan sampai adanya situs-situs yang melakukan blokir terhadap ip negara tertentu. Dan hal ini terjadi baru-baru ini karena spam yang menggunakan kata kunci kontes tersebut telah terdeteksi hingga dijadikan kata yang dimasukkan dalam kategori spam.
Tentunya hal ini berdampak buruk bukan hanya bagi para peserta kontes SEO yang mungkin mengabaikan hal ini karena menggunakan profil palsu dalam aksinya namun juga bagi pihak penyelenggara yang pada awalnya berniat ingin memaksimalkan promo produk atau jasanya di internet namun terkena imbas dari respon akibat spam tersebut.
Hal ini tidak terlepas dari algoritma tiap search engine yang tampaknya masih mengidolakan backlinks sebagai faktor penentu peringkat posisi di hasil pencarian.
Bila demikian adanya, mungkin ada hikmahnya jika pihak search engine bisa menjadikan kontes-kontes SEO seperti ini sebagai acuan dalam lebih meningkatkan performa algoritmanya sehingga akan mampu memberikan hasil yang akurat, mengurangi kegiatan spam yang telah terjadi dengan suatu penilaian peringkat baru dan akhirnya akan menjadikan kontes-kontes SEO sebagai solusi marketing yang bermanfaat baik bagi semua.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete