Redesign Website


Redesign  suatu website mutlak diperlukan, hal ini berguna untuk memperbarui tampilan dan mungkin juga untuk mengupdate beberapa kode pemrograman sekaligus. Seperti halnya website Balimaster.com setelah beberapa tahun tampil didunia maya dengan menggunakan CMS Joomla akhirnya mulai hari ini telah diupdate menggunakan html dan CSS biasa dengan maksud untuk penyederhanaan konsep tanpa mengurangi informasi yang tersedia sebelumnya.

Ada beberapa pertimbangan sebelum akhirnya diputuskan untuk tidak menggunakan CMS lagi, yaitu suatu konsep website yang "tanpa menggunakan database", dengan alasan penggunaan database tersebut rentan mengundang berbagai niat-niat jahil dari para kutu internet. Bagaimana tidak, sudah terbiasa dalam kurun waktu sebulan terhitung beberapa hari/minggunya mendapat kiriman email laporan terjadinya serangan mulai dari sql injection, php injection, dan berbagai exploit lainnya.

Selain diperlukan adanya backup berkala untuk databasenya, penggunaan CMS juga selalu menuntut akan adanya update sistem yang selalu berujung pada pertanyaan tentang kompatibilitasnya dengan berbagai hal seperti plugin atau theme yang telah terpasang. Hal lain yang tak kalah penting yang perlu diingat sebelum melakukan redesign adalah link-link lama yang kemungkinan sudah tersebar di internet. Bila penamaan file berbeda dari design sebelumnya maka perintah "redirect" perlu ditambahkan karena bila link dari design sebelumnya masih aktif di berbagai tempat maka nantinya link tersebut akan menjadi error dengan menampilkan pesan 404 atau Not Found. Hal ini akan berdampak negatif bagi optimasi web tersebut. Redirect yang digunakan pada Balimaster.com adalah berbasis .httaccess 301 redirect.

Jadi? Kesimpulan akhir, mari kita buat hidup ini lebih simple tanpa mengurusi hal-hal seperti itu terkecuali bila penggunaan database memang benar-benar dibutuhkan, selain itu fokuslah pada yang hal yang lebih penting lainnya

No comments:

Post a Comment